dimasa kegiatan "belajar dirumah" atau ada yang menyebut Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) kita sering diminta memberikan soal -soal tentang pandemi Covid-19 dengan model HOTS (higher order thinking skills) kepada siswa
berikut ini contoh beberapa soal yang berhubungan dengan Covid -19 yang termasuk dalam kategori soal HOTS
- C-4 (Menganalisis):
1. Menurut kamu, mengapa
terjadi panic buying saat pemerintah mengumumkan COVID-19 telah masuk ke
Indonesia?
2. Mengapa wabah COVID-19
sangat cepat menyebar di Indonesia?
3. Mengapa pemerintah
lebih memilih upaya social distance dan physical distance dibandingkan dengan
lockdown?
4. Apa dampak wabah
COVID-19 terhadap perekonomian masyarakat?
5. Menurut kamu, kelompok
masyarakat mana yang perlu diprioritaskan untuk menjadi sasaran rapid test
COVID-19? Jelaskan alasannya!
6. Menurut kamu, mengapa
di lapangan sampai banyak terjadi kelangkaan masker dan Alat Pengaman Diri?
7. Menurut kamu, apakah
tindakan aparat keamanan membubarkan kerumunan massa untuk mencegah penyebaran
COVID-19 adalah langkah yang tepat? Jelaskan alasannya!
8. Apa yang harus
dilakukan oleh pemerintah untuk menyadarkan masyarakat agar mau diam di rumah
dalam waktu tertentu untuk mencegah penyebaran COVID-19?
9. Setujukan kamu jika
para tenaga kesehatan yang menangani pasien COVID-19 diberikan tunjangan khusus
oleh pemerintah? Jelaskan alasannya!
10. Mengapa masyarakat
masih banyak yang percaya terhadap HOAKS seputar COVID-19?
11. Apa dampak HOAKS
COVID-19 terhadap keamanan dan ketertiban hidup masyarakat?
12. Apa yang harus
dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi banyak beredarnya
HOAKS terkait COVID-19?
13. Langkah-langkah apa
yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk menekan semakin bertambahnya korban
COVID-19?
14. Langkah-langkah apa
yang harus dilakukan oleh pemerintah terhadap masyarakat yang terdampak
COVID-19?
15. Apa yang harus
dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga ketersediaan kebutuhan pokok jika suatu
saat diberlakukan kebijakan lockdown?
- C-5 (Mengevaluasi):
1. Bagaimana sejauh ini
kesiapsiagaan pemerintah dalam menangani COVID-19?
2. Bagaimana kesiapan
rumah sakit dalam menangani menangani pasien COVID-19?
3. Bagaimana kesiapan
tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19?
4. Bagaimana sejauh ini ketersediaan
penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis yang menangani
pasien COVID-19?
5. Bagaimana efektivitas
saluran cricis center yang dibuat oleh pemerintah dalam memberikan informasi
COVID-19 terhadap masyarakat?
6. Bagaimana efektivitas
kebijakan bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah
dalam menekan penyebaran COVID-19?
7. Bagaimana sejauh ini
efektivitas upaya social distance dan physical distance yang dilakukan oleh
pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19?
8. Bagaimana tingkat
kesadaran masyarakat terhadap kebijakan social distance dan physical distance
yang diberlakukan oleh pemerintah?
9. Bagaimana efektivitas
pembatalan berbagai kegiatan yang melibatkan banyak orang sebagai upaya
mencegah penyebaran COVID-19?
10. Bagaimana peran media
dalam ikut menyosialisasikan bahaya COVID-19?
11. Apa kritik dan saran
Anda terhadap pencegahan dan penanganan COVID-19 kepada berbagai pihak terkait?
- C-6 (Mencipta):
1. Buatlah sebuah video
atau poster yang isinya mengampanyekan kewaspadaan terhadap COVID-19!
2. Buatlah sebuah video
atau poster yang berisi dukungan terhadap pasien COVID-19 untuk bisa sembuh!
3. Buatlah sebuah video
atau poster berisi dukungan dan apresiasi terhadap tenaga kesehatan yang
menangani pasien COVID-19!
4. Buatlah sebuah video
atau poster yang berisi tutorial cara mencuci tangan baik agar terhindar dari
COVID-19!
5. Buatlah sebuah puisi
yang isi doa dan apresiasi terhadap tenaga kesehatan yang menangani pasien
COVID-19!
6. Buatlah laporan singkat
berkaitan tentang aktivitas kamu selama belajar di rumah!
7. Buatlah sebuah berita
atau reportase tentang upaya pencegahan COVID-19 di daerahmu!
soal soal di atas di rangkum dan dipilih dari beberapa sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar