Catatan, trik, download, tentang dunia pendidikan, komputer


Senin, 19 April 2021

Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK 2021 Guru Kelas dan Pembahasannya

Posted by on Senin, 19 April 2021

    Pada Tahun 2021 pemerintah tidak lagi merekrut Pegawai Negeri Sipil (PNS) guru lagi, namun dengan rekrutmen PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) untuk mengisi kebutuhan guru. PPPK mendapatkan gaji dan hak yang sama dengan PNS. Formasi yang paling banyak dibutuhkan adalah guru kelas untuk jenjang SD.
    Untuk itu dibutuhkan persiapan yang matang dalam persiapan test PPPK berikut ini kami bagikan kepada rekan rekan GTT soal kompetensi teknis lengkap dengan file pembahasan dalam bentuk Power Point untuk pembahasan akan kami kirimkan melalui email dengan menuliskan alamat email pada kolom komentar 
    Semoga Bisa membantu rekan-rekan dalam mempersiapkan test PPPK 
    Salam sehat, salam lolos passing grade PPPK 2021


1. Salah satu tahapan kegiatan model pembelajaran discovery learning adalah identifikasi masalah. Pada tahap ini, siswa diberikan kesempatan untuk mengidentifikasi masalah yang relevan dengan bahan pembelajaran. Saat pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem khususnya rantai makanan dan jarring-jaring makanan, maka kegiatan identifikasi masalah yang paling benar adalah….
A. Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil untuk menentukan rumusan masalah
B. Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil untuk merumuskan hipotesis
C. Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil tentang jawaban masalah
D. Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil untuk membuat pertanyaan
E. Siswa berdiskusi dalam kelompok kecil untuk menarik kesimpulan 

2. Pada saat menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Adaptasi Hewan, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendefinisikan adaptasi, mengelompokan cara adaptasi hewan dan membedakan jenis-jenis adaptasi hewan. Adapun pilihan strategi pembelajaran untuk menjelaskan materi kepada siswa tersebut yaitu strategi pembelajaran deduktif. 
Berdasarkan tujuan dan strategi pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya….
A. Prosedur
B. Konsep
C. Fakta
D. Keterampilan
E. Prinsip

3. Tujuan pembelajaran berikut untuk menguji kemampuan siswa berfikir tingkat tinggi, adalah…
A. Melalui pengamatan teks lagu, peserta didik dapat menjelaskan pengaruh budaya terhadap kehidupan sosial suatu masyarakat.
B. Melalui pengamatan teks lagu, peserta didik dapat menerapkan pola irama lagu anak dengan tepat.
C. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menganalisis konsep-konsep yang saling berkaitan dalam hubungan antar makhluk hidup dan ekosistem dengan tepat.
D. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menjelaskan unsur intrinsic pada teks fiksi dengan tepat
E. Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat menyebutkan perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila dengan tepat

4. Piaget menemukan bahwa peserta didik usia SD (7-12 tahun) masih berada pada periode perkembangan operasional konkret, sehingga proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan pada….
A. Membagi peserta didik dalam kelompok kecil untuk berinteraksi
B. Penggunaan media dan alat peraga termasuk sumber belajar
C. Pemberian tugas mandiri yang terstruktur dan beragam.
D. Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah
E. Penggunaan metode belajar yang bervariasi

5. Angel siswa kelas 1 SD mulai belajar membaca dan menulis dengan semangat. Bu Laila, telah mengenalkan membaca dan menulis permulaan. Angel juga dikenalkan menulis kata-kata sederhana yang dia ketahui, misalnya: ti-ga, sa-ya, ku-ku, dan lain sebagainya. Metode yang digunakan Bu Laila dalam mengenalkan kata tersebut dinamakan metode….
A. eja
B. SAS
C. global
D. suku kata
E. Kata lembaga

6. Dalam sebuah pembelajaran IPA tentang  Sistem Pencernaan Manusia, Pak Tono Guru kelas V membagi siswa di kelasnya menjadi beberapa kelompok untuk membahas fungsi setiap organ pencernaan. Setiap siswa dalam kelompok bertugas membahas satu organ pencernaan. Tiap kelompok terdapat  siswa sebagai team ahli yang bertugas membahas permasalahan yang dihadapi. Selanjutnya, hasil pembahasan itu di bawah kekelompok asal dan disampaikan pada anggota kelompoknya
Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah….
A. Inquiry
B. Role Playing
C. Jigsaw
D. Picture and Picture
E. Numbered Heads Together

7. Ketika memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, hendaknya guru menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Hal ini berarti pemilihan materi pembelajaran telah memenuhi kriteria…
A. kebermanfaatan
B. layak dipelajari
C. menarik minat
D. kecukupan
E. sahih

8. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan satu kali pertemuan atau lebih sebagai acuan dalam melaksanakan pembelajaran setiap guru. Berdasarkan SE Mendikbud RI No 14 Tahun 2019 komponen inti yang harus ada dalam RPP yang disusun guru adalah …
A. Indikator, Tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran, metode dan penilaian pembelajaran
B. Indikator, Tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran, metode, media dan penilaian pembelajaran
C. Tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran, metode, media, sumber dan penilaian pembelajaran
D. Indikator, langkah pembelajaran, penilaian pembelajaran
E. Tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran

9. Yanuar memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi, menjalin kerjasama yang baik dengan orang lain, dan mampu memposisikan diri di lingkungan dengan baik. Berdasarkan pernyataan tersebut, Yanuar memiliki kecerdasan….
A. intrapersonal
B. interpersonal
C. linguistik
D. naturalis
E. spasial

10. Guru menyusun KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) untuk mengukur keberhasilan belajar siswa. KKM sendiri merupakan rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Saat menentukan KKM, guru perlu mempertimbangkan faktor-faktor tertentu, yaitu….
A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
B. Kompleksitas indikator, intake siswa, dan kemampuan guru
C. Kemampuan guru, tingkat kesulitan KD, dan intake siswa
D. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
E. Daya dukung, kemampuan guru, intake siswa

11. Setelah melaksanakan pembelajaran,guru kelas IV SD akan memberikan penugasan kepada siswa yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam menghasilkan karya tertentu yang dilakukan secara berkelompok.  Penilaian ini difokuskan pada penilaian terhadap tugas belajar yang harus diselesaikan oleh peserta didik dalam periode waktu tertentu. Maka jenis penilaian otentik  yang tepat adalah….
A. autentik
B. produk
C. proses
D. proyek
E. unjuk kerja

12. Berdasarkan hasil penilaian akhir yang dilakukan oleh guru kelas III SD diketahui  ternyata 60 %  siswa telah memenuhi ketuntasan belajar dan  40 %  siswanya belum memenuhi kreteria ketuntasan belajar. Berdasarkan  pada kondisi  tersebut, guru dapat melakukan tindak lanjut hasil penilaian yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal. Berikut merupakan pemanfaatan hasil penilaian oleh Guru, kecuali…
A. Penyusunan laporan hasil penelitian tindakan kelas
B. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah
C. Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi
D. Mengadministrasikan hasil penilaian untuk bahan laporan peserta didik
E. Memperbaiki program pembelajaran 

13. Pada saat melakukan Penelitian Tindakan Kelas, seorang guru melakukan langkah kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), keadaan dan kendala tindakan, serta bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya. Hal itu berarti guru sedang melakukan PTK pada langkah….  
A. perencanaan
B. observasi
C. refleksi
D. pelaporan
E. Penarikan kesimpulan

14. Rumusan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas yang paling tepat adalah….
A. Apakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif bagi siswa?
B. Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
C. Apakah pengaruh bermain peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VI SD Negeri Jaya?
D. Mengapa siswa SD Negeri Merdeka selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?
E. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Maju?

15. Bimbingan Konseling dan kegiatan ekstrakurikuler merupakan layanan pengembangan diri yang bertujuan agar potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal. Pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling adalah….
A. Layanan pribadi, sosial, belajar, dan intelegensi
B. Layanan pribadi, sosial, karir, dan intelegensi
C. Layanan pribadi, sosial, karir, dan belajar
D. Layanan pribadi, sosial, intelegensi, dan belajar
E. Layanan sosial, karir, intelegensi, dan belajar

16. Sebuah persegi dan sebuah lingkaran memiliki keliling yang sama Panjang. Perbandingan luas persegi dan luas lingkarang tersebut adalah….

A 1/2 π

B 1/3 π

C 1/4 π

D 1/5 π

E 1/6 π

17. Saat ini, usia Alya sama dengan 7 kali usia Dini. Dua tahun lalu, usia Alya sama dengan 9 kali usia Dini. Usia Alya saat ini adalah… tahun
A 58
B 56
C 54
D 52
E 50

18. Berapakah 37% dari √0,64?
 
A 0,0296
B 0,296
C 2,96
D 29,6
E 296

19. Jika a=b, maka 5a+3b = ….

A 8b

B 8ab

C 2ab

D 2a

E 2

20. Setiap pagi, Budi berangkat pukul 07.00 menggunakan sepeda  dengan kecapaatn 30 km/jam dan tiba di sekolah pukul 07.30. bila hari ini Budi baru berangkat ke sekolah pukul 07.10, berapakah kecepatan sepeda Budi agar tetap tiba di sekolah pukul 07.30?
A 65
B 60
C 55
D 50
E 45

21. Luas permukaan suatu kubus besar adalah 9600 cm3. Kubus itu dipotong-potong menjadi sejumlah kubus kecil dengan ukuran yang sama. Jika volume setiap kubus kecil tersebut adalah 512cm3, maka banyaknya kubus kecil tersebut adalah….
A 140
B 135
C 130
D 125
E 120
 
22. Nilai 50 siswa disajikan pada diagram batang di atas. Seorang siswa akan disebut pandai jika nilai yang diperoleh lebih dari nilai rata-rata ditambah 1 1/2. Siswa yang tergolong pandai berjumlah…
A 17
B 16
C 15
D 14
E 13

23. Dhea menyusun parsel untuk dibagi-bagikan kepada teman-temannya di sekolah. Setiap teman, mendapatkan jenis dan jumlah barang yang sama. Bahan yang dimiliki Dhea adalah 150 buah pensil, 250 buah buku tulis, dan 100 buah penghapus. Keranjang yang Dhea untuk tempat parsel sebanyak....
A 15
B 25
C 50
D 75
E 95

24. Penyakit AIDS disebabkan oleh infeksi human immunodeficiency virus (HIV) dimana virus ini akan menghancurkan sel CD4 yang berfungsi melawan infeksi. Bisa disimpulkan bahwa virus HIV sangat berbahaya karena menyebabkan gangguan pada tubuh terutama dengan cara….
A mengganggu sistem limfatik
B merusak sistem imunitas tubuh
C Menyebarkan virus perusak mata
D mengganggu sistem saraf manusia
E membawa antigen yang merusak trombosit

25. Penggambaran yang tidak tepat terhadap tumbuhan kelapa, pinang, aren, lontar, dan sagu adalah….
A Batang beruas dan tidak memiliki kambium sejati
B Kulit buah tebal dan biji berkeping tunggal
C Batang tegak ke atas dan jarang bercabang
D Memiliki akar serabut dan daun tunggal
E Memiliki bunga majemuk tandan

26. Pada proses pernafasan, bila otot diafragma kontraksi, maka volume rongga dada….
A Membesar, tekanan udara dalam paru menjadi besar, dan udara masuk
B Mengecil, tekanan udara dalam paru mengecil, dan udara keluar
C Membesar, tekanan udara dalam paru mengecil, dan udara masuk
D Mengecil, tekanan udara dalam paru mengecil, dan udara masuk
E Membesar, tekanan udara dalam paru mengecil, dan udara keluar

27. Seseorang yang tidak memiliki kantung empedu lagi karena pembuangan akibat infeksi  harus lebih berhati-hati saat mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung….
A Pati
B lemak
C Gliserol
D Fruktosa
E Protein hewani

28. Saat melakukan fotosintesis, tumbuhan mengambil zat-zat pendukung yang dibutuhkan dari udara. Zat-zat yang dimaksud adalah…. 
A CO2 dan O2
B N2 dan CO2
C CO2 dan H2O
D O2 dan N2
E Fe dan CO2

29. Manusia dan lingkungan memiliki keterkaitan yang sangat erat. Manusia harus selalu peka dengan keadaan di lingkungan sekitar demi keberlangsungan hidup umat manusia. Praktisi lingkungan menyatakan bahwa pembangunan yang berkelanjutan haruslah….
A Memanfaatkan kayu yang sudah besar di hutan untuk membangun rumah dan diberikan kepada generasi yang akan datang
B Melakukan eksploitasi hutan untuk membuat perlengkapan rumah tangga agar kebutuhan terpenuhi
C Melakukan pemanfaatan sumber daya alam dengan tetap menjaga kelestariannya
D Memanfaatkan sumber daya alam yang ada secara maksimal dan serampangan
E Memanfaatkan hutan seperlunya saja

30. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
Pelapukan batuan oleh lumut kerak (lichen) dan oleh akar tanaman
Pembentukan deposit kapur berupa stalaktit dan stalagmit di gua kapur.
Pagar besi di halaman yang berkarat karena tidak dilapisi cat.
Tergerusnya dasar sungai yang diakibatkan oleh derasnya aliran air

Contoh pelapukan kimia ditunjukkan oleh nomor….
A 1 dan 3
B 2 dan 3
C 3 dan 4
D 1 dan 2
E 2 dan 4

31. Kalimat di bawah ini yang termasuk ragam Bahasa dalam surat keputusan resmi adalah….
A Yang bertanda tangan di bawah ini kedua belah pihak sepakat dan menetapkan hal-hal sebagai berikut
B Direktur Bank Dana Merdeka menetapkan nama-nama di bawah ini sebagai panitia lelang di tahun 2021
C Berdasarkan hasil rapat ketua organisasi di Kampung Cipta, disampaikan keputusan rapat yang sangat penting sekali berikut ini
D Kepala sekolah menerangkan bahwa nama-nama siswa di bawah ini ditugaskan untuk mengikuti POPDA yang akan dilaksanakan segera
E Berdasarkan surat keputusan kepala sekolah nomor 21/SK/4213.2/2021, seluruh warga sekolah harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku

32. Hutan yang rusak dapat menyebabkan lenyapnya jutaan tanaman sehingga produksi oksigen bagi atmosfer jauh berkurang.
Kalimat di atas merupakan perluasan dari kalimat dasar….
A Hutan rusak menyebabkan lenyapnya tanaman
B Produksi oksigen berkurang
C Jutaan tanaman lenyap
D Hutan lenyap
E Hutan rusak

33. Salah satu sumber energi yang agak permanen adalah geothermal, yaitu energi panas yang dihasilkan dari perut bumi. Jauh di bawah permukaan bumi terdapat sumber panas yang sangat tinggi sehingga semua batuan, bahkan semua benda berubah menjadi cair. Batuan cair yang bersuhu tinggi tersebut dinamakan magma. Magma selalu memanasi kerak bumi sehingga temperatur lapiran kulit keras baja (25 sampai 50 km) sekitar 200-1000 derajat Celcius. Sementara itu, pada pusat bumi (6.378 km), temperature berkisar antara 3.500 – 4.500 derajat Celcius.

Ide pokok bacaan di atas adalah….

A Energi panas perut bumi
B Sumber panas bumi
C Energi geothermal
D Pusat bumi
E Magma

34. Aretha belajar dengan intensif setiap hari agar dapat menyabet juara pada perlombaan Olimpiade Siswa Nasional tahun 2021.
Makna istilah intensif dalam kalimat di atas adalah….
A menuntut keajegan
B sungguh-sungguh
C memiliki aturan
D terus menerus
E terjadwal

35. Asparagus merupakan tanaman sayuran yang bergizi tinggi. Asparagus memiliki banyak kandungan: vitamin B kompleks, vitamin C, dan potassium. Selain itu, asparagus memiliki senyawa bioaktif seperti antioksidan yang membantu tubuh untuk melawan penyakit. Satu porsi asparagus mengandung 20% senyawa folat yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Satu porsi asparagus setara dengan tiga sampai empat batang. Asparagus juga melindungi jantung dari risiko serangan jantung. Asam amino dalam asparagus bahkan dapat melindungi sel hati dari racun akibat alkohol.
Simpulan yang tepat untuk paragraf di atas adalah….
A Satu porsi asparagus setara dengan empat batang
B Kandungan vitamin asparagus sangat lengkap
C Asparagus dapat menghilangkan keracunan
D Asparagus bermanfaat bagi tubuh manusia
E Asparagus banyak mengandung potassium

36. Kalimat di bawah ini yang termasuk kalimat baku adalah….
A Oleh karena itu biaya kesehatan khusunya biaya obat-obatan masih mahal
B Selama ini, industri farmasi mengimpor sebagian besar bahan baku obat
C Untuk perusahaan farmasi lokal dituntut meningkatkan mutu produknya
D Kondisi tersebut disebabkan karena harga obat sulit dibuat murah
E Fasilitas dan kemampuan riset obat di Indonesia sangat lemah sekali

37. Bacalah kutipan teks di bawah ini!
Raden Ajeng Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Kota Jepara. Beliau merupakan orang yang terpandang, sebab ayahnya, R.M. Sosroningrat menjabat sebagai Bupati Jepara kala Kartini dilahirkan. Ayahnya menyekolahkan Kartini kecil di Europese Lagere School (ELS). Di sini Kartini belajar Bahasa Belanda dan bersekolah hingga usianya 12 tahun. Tradisi masyarakat waktu itu adalah melakukan ‘pingitan’ bagi anak perempuan. Pingit membuat anak perempuan harus tinggal di rumah dan melupakan pendidikan. Pengalaman itu juga yang membuka pikiran Kartini untuk memajukan perempuan pribumi, sebab kedudukan dan status sosial wanita pribumi masih tertinggal jauh dari kaum laki-laki.
Sifat yang dapat diteladani dari tokoh Raden Ajeng Kartini sesuai dengan penggalan cerita tersebut adalah….
A Hanya mau berteman dengan wanita teman sekolahnya di Belanda
B Malu bergaul dengan wanita pribumi karena masih tertinggal jauh dengan wanita Belanda
C Membiarkan wanita pribumi yang memiliki status sosial yang rendah untuk dipingit
D Memajukan perempuan pribumi agar status sosial wanita pribumi tidak tertinggal jauh
E Menikmati bersekolah di sekolah Belanda dan melupakan penderitaan rakyatnya

38. Sastra Indonesia terbagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu…. 
A Puisi, prosa, sajak 
B Puisi, pantun, drama 
C Puisi, drama, sajak 
D Puisi, pantun, sajak
E Puisi, prosa, drama

39. Alasan-alasan di bawah ini yang tidak termasuk peran penting dari para pelaku dan saksi sejarah terhadap penelitian dan penulisan sejarah adalah….
A Pelaku dan saksi sejarah adalah orang yang mengalami dan melihat langsung peristiwa sejarah
B Pelaku dan saksi sejarah memiliki ingatan tentang peristiwa yang dialami atau disaksikannya
C Pelaku dan saksi sejarah selalu ingin menonjolkan perannya dalam sejarah 
D Kesaksian dari pelaku sejarah menjadi sumber primer penelitian sejarah
E Pelaku dan saksi sejarah dapat menjadi sukarelawan

40. Pernyataan di bawah ini yang merupakan faktor penyebab runtuhnya kekuasaan kolonial Belanda di Indonesia adalah….
A Invasi Jepang ke Indonesia
B Tekanan sekutu Belanda di Eropa
C Kegagalan pelaksanaan politik etis
D Kekosongan kas pemerintah Hindia Belanda
E Kurungnya dukungan dari pemerintah pribumi

41. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan kondisi geografis yang beragam. Kondisi geografis Indonesia membawa konsekuensi munculnya keberagaman karakteristik sosial yang menjadi ciri masyarakat…
A pluralistik
B tradisional
C homogen
D pedesaan
E modern

42. Indonesia memiliki kekayaan flora yang sangat beraneka ragam. Perbedaan flora antarwilayah di Indonesia lebih dominan disebabkan oleh faktor….
A Kemampuan sumber daya manusia
B Persebaran curah hujan
C Letak geografis
D Jenis batuan
E Jenis tanah 

43. Bangsa barat melakukan pelayaran dunia ke timur. Salah satu faktor yang melatarbelakangi peristiwa tersebut adalah….
A Mencari bangsa baru
B Melakukan perdagangan
C Membuktikan bumi bulat 
D Berkunjung ke dunia timur
E Mencari sumber rempah-rempah

44. Salah satu contoh tindakan yang harus dilakukan oleh penduduk yang bertempat tinggal di daerah rawan bencana longsor…
A Membuat terasering
B Membangun tanggul
C Menanam tanaman keras
D Membuat sumur resapan
E Menanam tanaman semusim

45. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh anggota keluarga dalam melaksanakan peran dalam upaya pembelaan terhadap negara dengan cara…
A Bergabung dalam Pendidikan dan pelatihan khusus, misalnya sekolah calon perwira (SECAPA)
B Melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan peran anggota keluarga
C Mengikuti wajib militer yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat
D Ikut ambil bagian untuk menjadi prajurit TNI atau POLRI
E Menjadi anggota kelompok organisasi masyarakat

46. Setiap siswa memiliki peran penting dalam pelaksanaan pembagunan, agar…. 
A Dapat mempercepat tercapainya kemakmuran dan ketentraman hidup
B Bangsa Indonesia memiliki calon-calon pemimpin handal di masa depan
C Pembagunan yang kita rencanakan dapat terlaksana lebih cepat
D Dapat menurunkan tingkat kriminalitas di kota maupun desa
E Meningkatkan kualitas hidup di masa yang akan datang

47. Bangsa Indonesia harus selalu mengembangkan kemampuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi agar tidak tertinggal dari bangsa-bangsa lain di Indonesia. Akan tetapi, kita harus menghindari sikap mendewakan teknologi sebab dapat berakibat….
A Menurunkan persaingan hasil produksi
B Menimbulkan polusi dimana-mana
C Menurunnya daya beli masyarakat
D Menurunkan derajat manusia
E Merusak teknologi itu sendiri

48. Adanya keterbatasan globalisasi dan hubungan bangsa kita dengan bangsa lain di bidang politik menimbulkan akibat negatif, salah satunya adalah….
A Kemungkinan masuknya nilai-nilai sosial budaya yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa
B Kemungkinan munculnya rongrongan terhadap Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
C Penyerapan ilmu pengetahuan dan teknologi menyimpang dari kepribadian bangsa
D Maraknya belanja dengan sistem daring pada masyarakat Indonesia
E Demokratisasi semakin berkembang dengan pesat

49. Sistem Pendidikan Nasional diatur dalam….

A UU No. 20 tahun 2004
B UU No. 30 tahun 2002
C UU No. 20 tahun 2003
D UU No. 30 tahun 2001
E UU No. 20 tahun 2001
50. Keputusan di bawah ini yang bukan merupakan hasil dari Konferensi Meja Bundar adalah….
A Membentuk majelis Permusyawaratan Rakyat sementara
B Mendirikan uni antara Republik Indonesia Serikat dan Kerajaan Belanda
C Masalah Irian Barat akan diselesaikan setahun kemudian, setelah pengakuan kedaulatan.
D RIS harus membayar hutang-hutang Hindia Belanda sampai waktu pengakuan kedaulatan
E Belanda mengakui keberadaan negara Republik Indonesia Serikat (RIS) sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.


logoblog

» Thanks for reading: Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK 2021 Guru Kelas dan Pembahasannya

4 komentar:

Label