Catatan, trik, download, tentang dunia pendidikan, komputer


Senin, 19 Juli 2021

Soal Kompetensi teknis PPPK Update terbaru

Posted by on Senin, 19 Juli 2021

 Soal Kompetensi Teknis PPPK 
Update Terbaru untuk Jenjang Guru SD,SMP,SMA/SMK

Perhatikan soal dan pembahasannya untuk tes Kompetensi berikut :

1. Berdasarkan instrospeksi dan pendapat teman sesama guru, pribadi yang mencerminkan saya adalah...
a. Orang yang sulit untuk mengapresiasi perbedaan cara siswa dalam menyelesaikan soal karena membuat bingung yang lain
b. Orang yang dapat mengapresiasi perbedaan, namun hanya untuk hal – hal yang dapat dipahaminya saja
c. Orang yang bisa menyembunyikan pikiran dan perasaan yang tidak senang terhadap siswa ketika ada perbedaan dalam menilai sesuatu
d. Orang yang dapat mengapresiasi keberagaman dan memiliki kebenaran untuk berpendapat untuk sikap perilaku yang tidak toleran
e. Orang yang terbuka dengan masukan atas prinsip dan keyakiran diri, serta siap mengupayakan kompromi dengan orang lain

Kunci Jawaban E
Kepribadian
Menampilkan dirisebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.


2. Seorang guru menegur salah satu siswa saat mata pelajaran sedang berlangsung karena ia tidak mendengarkan penjelasan dari guru dan malah bermain handphone. Pernyataan yang patut digunakan guru untuk siswa tersebut adalah...
a. “sini berikan kepada saya handphone, kamu ini waktunya pelajaran malah bermain handphone sendiri”
b. “kamu sedang melakukan apa dengan handphone itu? Ayo dimatikan dan segera fokus pada penjelasan pelajaran ini” 
c. “tolong disimpan dulu handphone nya, saat ini sedang pelajaran. Kamu dapat menggunakan nya nanti pada jam istirahat atau setelah pulang sekolah”
d. “berikan handphonenya ke saya. Kamu tidak menghargai guru, jika tidak ingin mengikuti pelajaran silakan keluar dari kelas”
e. “tanpa pernyataan seraya merampas handphone siswa sambil terus menjelaskan pelajaran”

Kunci Jawaban C
Kompetensi Sosial
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga
kependidikan, orang tua, dan masyarakat


3.Disediakan dua magnet dan paku, siswa melakukan percobaan tarik menarik kutub medan magnet. Komponen tujuan pembelajaran yang kurang dari hal tersebut adalah...
A. Condition
B. Behavior dan degree
C. condition dan degree
D. Audience
E. degree

Kunci Jawaban E
Pembahasan
audience adalah peserta didik
Behavior merupakan tingkah laku atau perilaku atau aktivitas suatu proses
Condition: persyaratan yang perlu dipenuhi agar perilaku yang diharapkan dapat tercapai.
Degree juga merupakan tingkat penampilan yang dapat diterima oleh siswa setelah melalui
rangkaian sajian proses pembelajaran


4. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai. Hal ini sesuai dengan prinsip ....
A. Terbuka
B. menyeluruh.
C. bermakna
D. adil
E. Obyektif

Kunci Jawaban E
Prinsip Penilaian
1. Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.
2. Obdjektif, berarti penitaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.
3. Adil. berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutunan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi. dan gender.
4 Terpadu, berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.
6. Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.
7. Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.
8. Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
9. Akuntabel, berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik darisegi teknik, prosedur, maupun hasilnya


5. Pak Liman adalah seorang guru olah raga pagi ini dia akan mengadakan peniaian praktik
berenang. Prinsip penilaian yang dilakukan adalah....
a. sahih
b. obyektif
c. menyeluruh
d. sistemtatis
e beracuan kriteria

Kunci Jawaban A


6. Pak Bejo adalah guru PKn di sekolah “mekar Indah”. Dia tinggal di desa Mangun Harjo. Siska adalah tetangga dari Pak Bejo. Setiap pembagian hasil evaluasi siska selalu diberi nilai 85 oleh pak Bejo. Sementara Rudi siswa yang paling pintar di kelasnya hanya mendapat 80.
Dari kasus di atas artinya Pak Bejo tidak melaksanakan prinsip penilaian...
a. Adil
b. obyektif
c. menyeluruh
d. sistematis
e. beracuan kriteria

Kunci Jawaban B
Pembahasan
Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.
Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.


7. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Bobi guru Bahasa Jawa. jumlah nomor soal ada 10. Siswa diminta untuk mengerjakan 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan. Siswa bebas memilih 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan pak Bobi Yang dilakukan Pak Bobi tidak sesuai dengan prinsip penilaian...
a. Adil
b. obyektif
c. menyeluruh
d. sistematis
e. beracuan kriteria

Kunci Jawaban A
Pembahasan
Ketidak adilan dalam pengerjaan siswa


8. Dalam setiap kali penilaian Pak Joko selalu membuat rubric penilaian yang berisi kriteria penilaian yang mencerminkan kompetensi yang akan dinilai. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian....
a. sistematis
b. beracuan kriteria
c.menyeluruh
d. sistematis
e. akuntabel

Kunci Jawaban B
Pembahasan
penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan


9. Pada awal semester Pak Budi sebagai guru IPA selalu menjelaskan penilaian yang akan dilaksanakan selama satu semester dan penentuan nilai akhir IPA yang menerapkan prinsip penilaian.....
a. sistematis
b. terbuka
c. terpadu
d. sistematis
e. akuntabel

Kunci Jawaban B
Menjelaskan semua jenis teknik prosedur dan pengolahan penilaian sampai penentuan akhir.


10. Perhatikan butir soal uraian berikut.
Sebutkan 3 buah sungai di proninsi Jawa Barat yang bermuara di Laut Jawa. Butir soal tersebut ....
A. cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukur
B. cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti
C. jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah /ranah ingatan
D. jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek

Kunci Jawaban C
Indikator mencerminkan mengukur tingkat berpikir rendah
LOTS (low order thinkink skill)
C1. (mengingat) = Sebutkan, tuliskan, gambarlah,

MOTS (Medium order thinkink skill)
C2. (memahami) jelaskan, bedakan, identifikasi
C3. (menerapkan) tentukan, hitunglah, hasil dari...,

HOTS (High order thinkink skill)
C4. (menganalisis/sintesis) = bandingkan, apa pengaruh...,
C5. (evaluasi ) = simpulkan
C6. (Mencipta) = buatlah grafik hubungan..., buat diagram...


11. Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ....
A. kumpulan hasil karya siswa.
B. rekaman hasil karya siswa
C. rangkaian hasil karya siswa
D. kumpulan nilai siswa
E. Kumpulan Siswa

Kunci Jawaban A
Pembahasan
Portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang peserta didik, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja yang ditentukan oleh guru atau oleh peserta didik bersama guru, sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum.


12. Seorang peserta didik memprotes skor yang diperoleh pada soal nomor 4 dalam ulangan yang telah dilaksanakan. Menurud siswa tersebut seharusnya mendapat skor 5 akan tetapi guru memberikan skor 3. Guru tersebut menjelaskan pembobotan nilai pada soal tersebut dengan menjelaskan kriteria pensekoran yang terdiri dari 0,1,2,3,4,5. Peserta didik pun mengerti dan menerima skor tersebut. Prinsip penilaian yang diterapkan guru adalah...
A. Terbuka
B. Akuntabel
C. objektif .
D. Menyeluruh
E. adil

Kunci Jawaban E
Pembahasan
A. pemberian informasi teknik prosedur babot di awal
B. dapat dipertanggungjawabkan aspek prosedur, kriteria sampai pengambilan keputusan
C. bebas darisubjektivitas
D. menggunakan berbagai penilaian aspek kognitf,afekt,psikmtrk
E. tidak menguntungkan atau merugikan masing masing pihak


13. Seorang guru mengajar pada dua kelas disekolahnya. Di kelas pertama terdapat 8 peserta didik yang gagal mencapai KKM. Sementara di kelas ke 2 ada 12 yang gagal mencapai KKM. Langkah yang harus dilakukan guru adalah...
A. Melakukan pengayaan terhadap 8 orang siswa
B. Melakukan remidial kepada 12 orang siswa
C. melakukan remidial kepada peserta didik yang gagal di kedua kelas tersebut
D. Melakukan pengayaan kepada kedua peserta didik yang gagal di kedua kelas tersebut
E. Mengulang seluruh materi kepada peserta didik gagal pada kedua kelas tersebut.

Kunci Jawaban C


14. Pembelajaran abad 21 menekankan kepada hal-hal berikut ini, kecuali.... :
a. Pengembangan keterampilan belajar mandiri, tanggungjawab, dan mencipta
b. Penguasaan aplikasi komputer, penuntasan materi, dan pemahaman teknologi
c. Keterampilan komunikasi, keterampilan belajar, dan metakognisi
d. Mengembangkan kreatifitas, daya inovasi, dan keterampilan kognisi
e. Penyelesaian masalah, berpikir tingkat tinggi, dan kolaborasi

Kunci Jawaban B


15. Model pembelajaran abad 21 yang menekankan dihasilkannya produk dan menekankan otonomi belajar sejak mulai merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajarnya adalah.....
a. Pembelajaran berbasis proyek
b. Pembelajaran kooperatif
c. Bermain peran dan simulasi
d. Pembelajaran diskusi online
e. Pembelajaran kontekstual

Kunci Jawaban A
Pembahasan
Menurut Boss dan Kraus, Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) adalah sebuah model pembelajaran yang menekankan aktivitas siswa dalam memecahkan berbagai permasalahan yang bersifat open-ended dan mengaplikasi pengetahuan mereka dalam mengerjakan sebuah proyek untuk menghasilkan sebuah produk otentik tertentu (Abidin, 2007:167).
Menurut Thomas, pembelajaran berbasis proyek memiliki beberapa prinsip dalam penerapan-nya, yaitu (Wena, 2011):
Sentralistis : pusat dan strategi pembelajaran
Pertanyaan Penuntun : menuntun siswa untuk menemukan konsep
Investigasi Konstruktif : merumuskan pengetahuan yang dibutuhkan
Otonomi: otonomi untuk menentukan target sendiri
Realistis: pekerjaan nyata yang sesuai dengan kenyataan


16. Jika di silabus ada diksi “ memecahkan masalah sampah “maka itu dapat ditemukan pada komponen silabus....
A. Materi
B. Kegiatan pembelajaran
C. Kompetensi dasar
D. Indikator
E. Tujuan pembelajaran

Kunci Jawaban C
Pembahasan
Komponen silabus Permendikbud Nomor 22 Tahun 2019
a. Identitas mata pelajaran (khusus SMP dan SMA/SMk);
b. Identitas sekolah mencakup nama satuan pendidikan dan kelas;
c. Kompetensi inti,
d. kompetensi dasar
e. tema (khusus SD/MI/SDLB/Paket A);
materi pokok
pembelajaran
Penilaian
alokasi waktu
sumber belajar -

Komponen RPP Permendikbud Nomor 22 Tahun 2019
a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi waktu
f. tujuan pembelajaran
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran,
i. metode pembelajaran,
j. media pembelajaran,
k. sumber belajar,

17. Seorang pendidik perlu memahami landasan pendidikan. Salah satu manfaat mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik adalah....
A. Memahami berbagai karakteristik peserta didik sehingga memandang peserta didik sebagai pribadi yang unik
B. Menumbuhkan sikap berpikir kritis pendidik terhadap perkembangan peserta didik 
C. Membantu pendidik dalam menentukan metode pembalajaran yang tepat digunakan dalam situasi tertentu di kelas
D. Meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan
E. Memahami berbagai pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang berlaku di Indoensia terkait dengan pendidikan

Kunci Jawaban D
Pembahasan
Manfaat pemahaman landasan pendidikan :
1. pengembangan wawasan kependidikan yaitu berkenaan dengan berbagai asumsi yang bersifat umum tentang pendidikan yang harus dipilih dan diadopsi oleh tenaga kependidikan sehingga menjadi cara pandang dan bersikap dalam rangka melaksanakan tugasnya.
2. Meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan


18. Rendahnya partisipasi peserta didik di kelas mendorong seorang guru menyediakan google drive agar karya peserta didik dapat tersimpan dengan baik sehingga memudahkan teman lainnya dalam memberikan sumbang saran terkait karya temannya. Hal ini merupakan pengintegrasikan teknologi pada domain.....
a. Penilaian terhadap peserta didik
b. Bemahaman terhadap peserta didik
c. Strategi pembelajaran
d. Pemahaman materi pembelajaran
e. Pengelolaan pembelajaran

Kunci Jawaban C
Pembahasan
Contoh pemanfaatan teknologi untuk penilaian
Untuk mengukur pencapaian kompetensi guru menggunakan google formulir agar bisa untuk melihat perolehan Skor secara cepat dan mendapatkan data indicator kompetensi apa yang belum tercapai
Contoh pemanfaatan teknologi untuk pemahaman peserta didik
Untuk mengatasi kebosanan peseta didik saat pembelajaran, guru memanfaatkan game edukatif agar peserta didik Tertarik dengan pembelajaran
Contoh pemanfaatan teknologi untuk pemahaman materi pembelajaran
Rendahnya daya serap peserta didik terhadap kompetensi tertentu mendorong guru memanfaatkan video edukatif Yang terintegrasi youtube dengan maksud agar peserta didik dapat belajar materi secara mandiri di samping di kelas
Contoh pemanfaatan teknologi untuk pengelolaan pembelajaran
Untuk memudahkan guru dalam menjelaskan materi X guru memanfaatkan slide PPT


19. Dalam pembelajaran dikelas seorang guru melaksanakan tiga langkah pembelajaran, salah satu pada kegiatan pendahuluan adalah apersepsi materi. Tujuan apersepsi materi adalah...
A. Mengaitkan materi pelajaran pada minggu minggu sebelumnya sesuai dengan materi hari ini
B. Merumuskan masalah terkait materi yang akan dipelajari
C. melakukan pengelompokan submateri agar mudah dipahami peserta didik
D. Merangsang dan membangun motivasi belajar peserta didik
e. Menciptakan kondisi belajar yang kondusif

Kunci Jawaban A
Pembahasan
apersepsi Mengaitkan materi pelajaran pada minggu minggu sebelumnya sesuai dengan materi hari ini


20. Saat merancang pembelajaran seorang guru ingin menyederhanakan konsep/prinsip/hukum yang kompleks sehingga memperjelas penyajian pesan secara tertulis. Media apa yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut...
A. Bagan
B. APE (Alat Permainan edukatif)
C. Flip Chart
D. Foto
E. Gambar

Kunci Jawaban A
Pembahasan
Bagan merupakan media yang membantu untuk menyajikan pesan pembelajaran melalui visualisasi dengan tujuan materi yang kompleks dapat disederhanakan sehingga siswa mudah untuk mencerna materi tersebut.
Flip chart : lembaran kertas yang berisi gambar diagram huruf atau angka, tujuan menghemat waktu menulis dipapan tulis
Alat Permainan Edukatif (APE) merupakan alat-alat permainan yang dirancang dan dibuat untuk menjadi sumber belajar agar mendapatkan pengalaman belajar. Pengalaman ini akan berguna meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak yang meliputi aspek fisik/motorik, emosi, sosial, bahasa,kognitif dan moral


21. Pak Slamet mengamati teknik menggambar siswa yang baru saja diajarkan, sedangkan ibu Susi melakukan tes di awal untuk kemudian dilakukan perangkingan. Yang dilakukan pak Slamet dan ibu Susi termasuk ke dalam?
A. Praktik dan tes kemampuan awal-akhir
B. Observasi dan tes penempatan
C. Observasi dan tes seleksi
D. Praktik dan sumatif
E. observasi dan formatif

Kunci Jawaban B
Pembahasan
Jenis penilaian berdasar bentuk
Penilaian praktek adalah penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas sesuai dengan tuntutan kompetensi
Teknik penilaian
Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan Menggunakan instrumen yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati
Jenis tes berdasar fungsi
Tes seleksi digunakan untuk memilih atau menyeleksi siswa untuk mengikuti program tertentu Contoh tes seleksi penerimaan siswa baru
Tes akhir merupakan tes yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah semua materi pelajaran yang tergolong penting sudah dikuasi dengan sebaik-baiknya oleh
Tes formatif adalah tes hasil belajar yang bertujuan untuk mengetahui penguasaan KD tertentu
Tes sumatif adalah tes hasil belajar yang dilaksanakan setelah sekumpulan satuan program pengajaran selesai diberikan
Tes penempatan adalah tes yang berfungsi untuk membantu mengelompokan/ mengkategorikan/ menempatkan/ merangking menentukan posisi siswa ke dalam kelas/kelompok tertentu
Tes awal merupakan tes yang dilaksanakan sebelum bahan pelajaran diberikan kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana materi yang akan diajarkan


22. Reinforcement dalam pembelajaran untuk memotivasi Peserta didik yang sudah tuntas dan
yang belum dilakukan dalam kegiatan pembelajaran disebut...
A. Refleksi
B. Remedial
C. Feedback
D. Penilaian
E. Pengayaan

Kunci Jawaban C
Pembahasan
Feedback atau umpan balik itu terdiri dari Reinforsment, Punishment.
Refleksi pembelajaran adalah suatu komponen kegiatan yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran dengan tujuan untuk menilai dan mengamati apa yang telah terjadi selama pembelajaran. Contoh mencermati kembali video pembelajaran yang telah dilaksanakan mencermati catatan harian dan jurmal pembelajaran
Remidial = pemberian bantuan bagi peserta didik yang mengalami kesulitan atau kelambatan belajar


23. Seorang guru mencari materi dan media dari internet saat menyusun RPP. Materi dan media tersebut akan disampaikan pada proses pembelajaran dengan maksud agar siswa tidak kesulitan memahami pelajaran.
Langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang guru saat memilih materi pelajaran.
A. mengidentifikasi aspek aspek yang terdapat dalam kompetensi Inti kompetensi dasar dan indikator
B. menganalisis potensi peserta didik relevansi dan karakteristik daerah dan struktur kurikulum
C. menyesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik intelektual emosional sosial dan spiritual peserta didik
D. melihat kebermanfaatan bagi peserta didik aktualitas kedalaman dan keluasan materi pelajaran
E. relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan 

Kunci Jawaban A
Langkah pemilihan materi
  • Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar.
  • Memilih jenis materi yang sesual dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
  • Memilih sumber bahan ajar

24. Untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa secara kognitif, psikomotor, dan afektif merupakan ...
A. jenis penilaian .
B. fungsi penilaian
C. Prinsip penilaian
D. tujuan penilaian
E. asas penilaian

Kunci Jawaban D
Pembahasan
Tujuan Penilaian :
1. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap afektif, pengetahuan (kognitif), dan keterampilan(psikomotorik) yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remedial dan pengayaan;
2. Menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi belajar peserta didik dalam kurun waktu tertentu, yaitu harian, tengah semester, satu semester, satu tahun, dan masa studi satuan pendidikan.
3. Menetapkan program perbaikan atau pengayaan
4. Memperbaiki proses pembelajaran
Fungsi penilaian:
1. Menggambarkan sejauh mana peserta didik menguasai suatu kompetensi.
2. Mengevaluasi hasil belajar peserta didik dalam rangka membantu peserta didik memahami kemampuan dirinya
3. Mendiagnosa kesulitan belajar
4. Kontrol bagi pendidik dan satuan pendidikan tentang kemajuan peserta didik


25. Pak Kama mengadakan ulangan dengan KD menentukan hasil operasi bilangan bulat. Dari 32 siswa ternyata 22 siswa yang tidak tuntas KKM. Apa yang sebaiknya dilakukan pak Karna...
A. mengadakan pengayaan kepada 10 siswa
B. mengadakan remedial untuk 22 siswa di bawah KKM
C. melakukan pembelajaran ulang dengan media dan metode pembelajaran berbeda
D. melakukan pengayaan untuk seluruh siswa
E. memberikan tugas mandiri kepada 22 siswa yang tidak tuntas

Kunci Jawaban C
Pembahasan
Aturan remidial jika persentase peserta remidial
0% - <20% bimbingan individu/tugasmandiri/ tutor sebaya
20% - <50% bimbingan dalam kelompok belajar
>50% pembelajaran ulang
prosentase tidak tuntas = 22/32 x 100% = 69%


Demikian contoh soal kompetensi teknis semoga dapat membantu bapak/ibu dalam persiapan tes
Salam sehat, salam lolos passing grade !!!




logoblog

» Thanks for reading: Soal Kompetensi teknis PPPK Update terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label