This post was republished to - at 21.06.53 11/03/2021
Kunci Jawab Di Kolom komentar
1 |
Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah…. |
|
|
A |
Role Playing |
|
B |
Inquiry |
|
C |
kontextual |
|
D |
Problem Solving |
|
E |
Picture and Picture |
2 |
Pada proses pembelajaran seorang guru ingin melakukan penilaian terhadap prilaku siswa, maka Instrumen yang diguanakan dalam proses pembelajaran tersebut adalah…. |
|
|
A |
Pedoman observasi |
|
B |
Kuesioner |
|
C |
Tes tulis |
|
D |
Pedoman wawancara |
|
E |
Tes hasil belajar |
3 |
Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut…. |
|
|
A |
Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda |
|
B |
Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi |
|
C |
Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai |
|
D |
Diberi soal serupak untuk memastikan tingkat keberhasilan belajar |
|
E |
diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi |
4 |
Jika seorang guru ingin melakukan penilaian portofolio pada proses pembelajaran, maka Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara…. |
|
|
A |
Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa |
|
B |
Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa |
|
C |
Memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah |
|
D |
Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar |
|
E |
Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial |
5 |
Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ Kreteria Belajar Minimal (KBM). KKM/KBM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor…. |
|
|
A |
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru |
|
B |
Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa |
|
C |
Daya dukung, tingkat kesulitan, dan kemampuan guru |
|
D |
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa |
|
E |
Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa |
6 |
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogik pada aspek… |
|
|
A |
Penguasaan terhadap karateristik peserta didik |
|
B |
Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran |
|
C |
Pengembangan kurikulum |
|
D |
Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik |
|
E |
berkomunikasi pada peserta didik |
7 |
Hasil penilaian akhir yang dilakukan oleh guru diketahui beberapa siswa telah memenuhi ketuntasan belajar dan ada juga siswa yang belum memenuhi kreteria ketuntasan belajar. Mendasarkan pada kasus tersebut guru dapat melakukan tindak lanjut hasil penilaian yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal. Berikut merupakan pemanfaatan hasil penilaian oleh Guru, kecuali… |
|
|
A |
Memperbaiki program pembelajaran |
|
B |
Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah |
|
C |
Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi |
|
D |
Mengadministrasikan hasil penilaian |
|
E |
Menyusun laporan hasil penilaian |
8 |
Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru hal tersebut disebabkan materi dalam soal sebagian belum dipelajari oleh siswa, karena materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya. Hal yang seharusnya dilakukan guru dalam menyusun soal tes pilihan ganda pada aspek materi yaitu…. |
|
|
A |
Soal harus sesuai dengan indikator |
|
B |
Pokok soal harus dirumuskan secara jelas |
|
C |
Pilihan jawaban harus homogen dan logis |
|
D |
Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama |
|
E |
Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya |
9 |
Pada akhir pembelajaran siswa diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar yang diberikan guru dengan tujuan agar siswa tersebut mengaplikasikan kemampuan keterampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya. Instrumen yang dapat dipilih oleh guru untuk merekam hasil belajar yaitu…. |
|
|
A |
Daftar cek (check list) |
|
B |
Benar salah (true false) |
|
C |
Pilihan ganda (multiple choice) |
|
D |
Menjodohkan (matching) |
|
E |
Jawaban bebas (Completion test) |
10 |
Jika guru memberikan penugasan kepada siswa yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam menghasilkan karya tertentu dan dilakukan secara berkelompok. Maka jenis penilaian otentik yang tepat adalah…. |
|
|
A |
Peniaian kinerja |
|
B |
Peniaian portofolio |
|
C |
Penilaian proyek |
|
D |
Penilaian jurnal |
|
E |
Penilaian diri |
11 |
Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat ketika dilakukan diskusi kelompok. Guru tersebut membuat lembar daftar cek (check list) dalam bentuk skala yang harus diisikan oleh siswa untuk menilai teman kelompoknya. Jenis penilaian otentik-holistik yang dapat dipilih oleh guru tersebut yaitu…. |
|
|
A |
Penilaian kinerja |
|
B |
Penilaian proyek |
|
C |
Penilaian portofolio |
|
D |
Pertanyaan terbuka |
|
E |
Penilaian diri |
12 |
Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan…. |
|
|
A |
Naturalis |
|
B |
Kinestetis |
|
C |
Visual spasial |
|
D |
Verbal linguistic |
|
E |
Logis matematis |
13 |
Seorang guru senior mengajar siswanya dengan metode diskusi dan menggunakan media gambar yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Pada awal semester baru 2020 siswa dikelas tersebut diketahui 70% memiliki preferensi belajar kinestetik sehingga mereka tidak fokus saat pembelajaran dan diskusi berlangsung, siswa lebih senang jika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dari kasus tersebut strategi pembelajaran yang paling tepat dipilih guru…. |
|
|
A |
Kooperatif |
|
B |
Project based learning |
|
C |
Kontekstual |
|
D |
Inqury |
|
E |
Discovery |
14 |
Dengan mencermati silabus, seorang guru akan merancang pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud RI No 22 tahun 2016 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencakup sekurang-kurangnya.. |
|
|
A |
Kompetesi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar |
|
B |
Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar, dan bobot penilaian hasil belajar |
|
C |
Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci jawaban tes |
|
D |
Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar |
|
E |
Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar |
15 |
Seorang Guru mencari materi dan media dari internet saat menyusun rencana pembelajaran (RPP), materi dan media tersebut akan disampaikan pada proses pembelajaran dengan maksud agar siswa tidak mengalami kesulitan memahami pelajaran. Langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang Guru saat memilih materi pelajaran…. |
|
|
A |
Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator |
|
B |
Menganalisis potensi peserta didik; relevansi dengan karakteristik daerah; dan struktur keilmuan |
|
C |
Menyesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik |
|
D |
Melihat kebermanfaatan bagi peserta didik; aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran |
|
E |
Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, alat dan sumber bahan, dan alokasi waktu |
16 |
Seorang guru merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa, maka jenis evalausi yang tepat dipilih oleh guru adalah…. |
|
|
A |
Evaluasi formatif |
|
B |
Evaluasi sumatif |
|
C |
Evaluasi selektif |
|
D |
Evaluasi diagnostik |
|
E |
Evaluasi penempatan |
17 |
Saat merancang pembelajaran seorang guru ingin menyederhanakan konsep/prinsip /hukum yang kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan secara tertulis, media apa yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut.... |
|
|
A |
Bagan |
|
B |
APE (Alat Permaian Edukadif) |
|
C |
Flip Chart |
|
D |
Foto |
|
E |
Gambar |
18 |
Perencanaan pembelajaran yang menenkankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan dihubungkan dengan situasi kehidupan sehari-hari sehingga mendorong peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan mereka, pilihan strategi pembelajaran yang tepat yaitu…. |
|
|
A |
Kooperatif |
|
B |
Inkuiri |
|
C |
Problem solving |
|
D |
Discovery |
|
E |
Kontekstual |
19 |
Pada saat menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Unggas, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendefinisikan hewan unggas, mengelompokan dan membedakan jenis-jenis unggas. Adapun pilihan strategi pembelajaran untuk menjelaskan materi kepada siswa tersebut yaitu strategi pembelajaran deduktif. Mendasarkan tujuan dan strategi pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya…. |
|
|
A |
Fakta |
|
B |
Prosedur |
|
C |
Keterampilan |
|
D |
Konsep |
|
E |
Prinsip |
20 |
Pada sebuah rancangan pembelajaran (RPP) tertulis contoh rumusan indikator kompetensi yaitu “menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras”, jika seorang pendidik akan menyusun menjadi tujuan pembelajaran maka rumusan yang tepat adalah…. |
|
|
A |
Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output |
|
B |
Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar |
|
C |
Siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output secara benar |
|
D |
Menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras komponen input, proses dan output tanpa melihat catatan |
|
E |
Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, materi kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar tanpa melihat catatan |
21 |
Allah SWT. Menciptakan manusia melalui suatu peroses secara bertahap, dalam surat al-Mukmin ayat 67 dijelaskan urutan proses kejadian manusia tersebut adalah ... . |
|
|
A |
dari tanah - setetes air mani - segumpal darah - dilahirkan |
|
B |
setetes air mani - dari tanah - segumpal darah - dilahirkan |
|
C |
segumpal darah - dilahirkan - dari tanah - setetes air mani |
|
D |
dari tanah - segumpal darah - setetes air mani - dilahirkan |
|
E |
setetes air mani - dari tanah - dilahirkan - segumpal darah |
22 |
Salah satu sifat Allah SWT. Adalah qiyamuhu binafsihi, artinya ... . |
|
|
A |
berkehendak |
|
B |
kuasa |
|
C |
berdiri sendiri |
|
D |
berfirman |
|
E |
kekal |
23 |
Sebagai wujud beriman kepada Allah SWT. Yang bersifat “al-Ghaffar” adalah ... . |
|
|
A |
tidak pernah berbuat kesalahan sedikitpun |
|
B |
selalu beribadah secara terus menerus |
|
C |
senantiasa memaafkan kesalahan orang lain |
|
D |
menerima dengan ikhlas setiap pemberian dari Allah SWT |
|
E |
senantiasa mohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang diperbuat |
24 |
Pak Arman adalah ayah yang bertanggungjawab, rajin beribadah dan berdo’a kepada Allah, akan tetapi dari hari kehari keadaannya tidak berubah, ia tetap dalam keadaan serba kekurangan, sikap yang harus dilakukan oleh pak Arman adalah ... . |
|
|
A |
tidak perlu lagi beribadah dan berdoa karena tidak merubah keadaan |
|
B |
tetap beribadah dan meningkatkan kualitas usahanya |
|
C |
beribadah dan berusaha sekedarnya saja |
|
D |
mempertanyakan, kenapa doanya tidak pernah dikabulkan |
|
E |
berdoa pada saat membutuhkan pertolongan Allah saja |
25 |
Idham adalah seorang siswa SMP, ia tinggal disebuah perkampungan yang agak kumuh, setiap hari ia melihat tumpukan sampah disekitar rumahnya, ia merasa terganggu dan tidak nyaman dengan keadaan seperti itu, sikap baik yang sehatusnya dilakukan Idham adalah ... . |
|
|
A |
tidak perlu perduli dengan keadaan tersebut, karena bukan tanggungjawabnya |
|
B |
ikut membersihkan sampah jika ada intruksi dari RT setempat |
|
C |
menunggu saat-saat kerja bakti dengan penduduk yang lain |
|
D |
berinisiatif membersihkan sampah yang ada, tanpa menunggu di perintah RT |
|
E |
melarang penduduk untuk membuang sampah sembarangan |
26 |
Sumber hukum Islam yang utama adalah ... . |
|
|
A |
al-Quran |
|
B |
al-Hadist |
|
C |
Ijma |
|
D |
Qiyas |
|
E |
Istihsan |
27 |
Suatu pekerjaan yang menggunakan segala kesanggupan daya rohaniah untuk mendapatkan hokum syara atau menyusun suatu pendapat dari suatu masalah hukum yang bersumber dari al-quran dan al-hadist adalah ... . |
|
|
A |
ijtihad |
|
B |
mujtahid |
|
C |
Berjihad |
|
D |
Istihsan |
|
E |
itiba’ |
28 |
Yang tidak termasuk manfaat mempelajari sejarah perkembangan dan peranan umat Islam di Indonesia adalah ... . |
|
|
A |
dapat menjadikan sikap teladan para tokoh Islam masa lalu |
|
B |
mengetahui dengan luas perkembangan Islam di Indonesia |
|
C |
dapat berbangga diri tentang keaktifan umat Islam di Indonesia |
|
D |
meningkatkan sikap nasionalisme pada diri setiap umat Islam |
|
E |
menimbulkan kesadaran tanggungjawab untuk meneruskan perjuangan para pendahulu |
29 |
Sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yang diusahakan serta menjauhkan diri dari rasa tidak puas disebut sikap… |
|
|
A |
Tawakal |
|
B |
Tasamuh |
|
C |
Tawaduk |
|
D |
Qanaah |
|
E |
Iklas |
30 |
”Fitnah lebih kejam dari pada pembunuhan”, kalimat tersebut mengandung makna betapa bahayanya memfitnah, jika orang dibunuh sakitnya hanya satu kali dan hanya menimpa satu orang, tetapi orang yang kena fitnah akan sakit sepanjang masa dan berpengaruh pada orang lain. Di bawah ini yang tidak termasuk akibat dari fitnah ... . |
|
|
A |
menimbulkan perasaan dendam yang berkepanjangan |
|
B |
terjadi kerusakan hubungan antar sesama |
|
C |
penderitaan yang berkepanjangan bagi yang difitnah |
|
D |
kesabarannya menjadi sangat terbina dengan baik |
|
E |
timbulnya sikap saling curiga antara satu dengan lainnya |
31 |
Sikap rida adalah salah satu akhlak mulia yang semestinya dimiliki oleh setiap umat Islam, wujud dari sikap rida adalah ... . |
|
|
A |
senantiasa berusaha untuk memperoleh segala yang diinginkan |
|
B |
menerima dengan ikhlas segala bentuk pemberian dari Allah untuk dirinya |
|
C |
bersikap sabar ketika memperoleh penghinaan dari orang lain |
|
D |
segera minta ampun ketika sadar dari perbuatan dosa |
|
E |
berusaha untuk senantiasa berbuat kebaikan kepada orang lain |
32 |
Berkunjung ke Baitullah (Ka’bah) untuk melaksanakan ibadah dan syarat-syarat tertentu dan waktu tidak terbatas disebut.. |
|
|
A |
Haji |
|
B |
Ziarah |
|
C |
Umroh |
|
D |
Wukuf |
|
E |
Safar |
33 |
Menurut para pakar ahli Fiqih, bahwa batas nisab "Zakat Emas" minimal... |
|
|
A |
75 gram emas murni ( 24 karat ) |
|
B |
80 gram emas murni ( 24 karat ) |
|
C |
90 gram emas murni ( 24 karat ) |
|
D |
85 gram emas murni ( 24 karat ) |
|
E |
95 gram emas murni ( 24 karat ) |
34 |
Beriman kepada qada dan qadar akan menumbuhkan berbagai sikap positif pada diri seorang muslim, antara lain ... . |
|
|
A |
meyakini tentang kebenaran yang datang dari Allah SWT. |
|
B |
memiliki sikap optimis dalam berikhtiar |
|
C |
mendahulukan sikap tawakal sebelum berikhtiar |
|
D |
sangat hormat kepada sesama manusia |
|
E |
senantiasa merasakan kebesaran Allah SWT |
35 |
Beriman kepada hari akhir berarti meyakini akan berakhirnya alam ini dan meyakini akan adanya kehidupan abadi di akhirat kelak. Sebagai wujud dari nilai keimanan kepada hari akhir tersebut antara lain ... . |
|
|
A |
senantiasa menunggu datangnya hari kiamat setiap saat |
|
B |
melaksanakan shalat secara terus menerus sebagai bekal kehidupan akhirat |
|
C |
senantiasa berbuat baik dan mempersiapkan diri untuk menghadapi hari akhir |
|
D |
meyakini dengan sepenuh hati bahwa kiamat itu pasti terjadi |
|
E |
mengabaikan kehidupan dunia dan mempersiapkan kehidupan akhirat |
36 |
Terjemahan dari potongan ayat di atas (surat ali Imran; 185), adalah ... . |
|
|
A |
kiamat itu pasti akan terjadi |
|
B |
setiap manusia pasti akan merasakan mati |
|
C |
kematian adalah suatu peristiwa yang menyakitkan |
|
D |
kiamat adalah peristiwa mengerikan |
|
E |
kematian datangnya tiba-tiba |
37 |
Dalam surat al-Jum’ah ayat 9-10 Allah SWT. Mengatakan bahwa setelah selesai melakukan shalat Jum’ah maka bertebaranlah di muka bumi untuk mencari karunia Allah SWT. Maksud kandungan ayat tersebut adalah ... . |
|
|
A |
jika sudah shalat jangan malas (tidur-tiduran) |
|
B |
percepat pelaksanaan shalat jumat karena harus mencari karunia Allah |
|
C |
jangan sampai shalat jumat mengganggu kita untuk mencari karunia Allah |
|
D |
mencari karunia Allah lebih utama dari pada shalat Jumat |
|
E |
urusan akhirat dan dunia harus dilakukan dengan seimbang |
38 |
Di bawah ini adalah salah satu wujud hidup toleransi antar umat beragama yang di tunjukkan oleh umat Islam ... . |
|
|
A |
Tidak mempermasalahkan perkawinan antar umat beragama, karena hal itu merupakan hak azazi manusia |
|
B |
Menganggap bahwa semua agama sama, karena seluruhnya mengajarkan kebenaran |
|
C |
Memberikan kebebasan kepada setiap orang untuk melaksanakan ajaran agama sesuai dengan keyakinan masing-masing |
|
D |
Bergantian mengunjungi rumah ibadah antar agama dan ikut upacara keagamaannya |
|
E |
Saling mengucapkan selamat hari raya, pada setiap hari raya umat beragama |
39 |
Hukum membaca dari kalimat yang digarisbawahi pada ayat di atas adalah ... . |
|
|
A |
izhar |
|
B |
ikhfa |
|
C |
iklab |
|
D |
idgham bi gunnah |
|
E |
idgham bila gunnah |
40 |
Salah satu sifat Rasulullah adalah sidiq, contoh perilaku yang mencerminkan sikap sidiq adalah ... . |
|
|
A |
pak Amran senantiasa menepati janjinya kepada siapapun |
|
B |
ibu Fatimah dalam pergaulan bertetangganya tidak pernah bertengkar |
|
C |
Sukaesih, siswa kelas 2 SMA Perkasa tidak pernah berbohong kepada siapapun |
|
D |
Katija adalah teman yang paling baik karena selalu menolong sesama |
|
E |
Jazuli selalu membaca al-quran setiap hari |
41 |
Sahabat yang memiliki “lembaran-lembaran” yang dijadikan acuan penulisan dan pembukuan al-Qur’an pada masa Usman bin Affan adalah ... . |
|
|
A |
Zaid bin Tsabit |
|
B |
Ubai bin Ka’ab |
|
C |
Abdurrahman bin Haris bin Hisyam |
|
D |
Siti Hafsah |
|
E |
Abdullah bin Zubair |
42 |
Jalan yang menyampaikan kepada hadits, disebut.... |
|
|
A |
Sanad |
|
B |
Matan |
|
C |
rawi |
|
D |
Rijalul Hadits |
|
E |
Musthalah Hadit |
43 |
Ilmuwan muslim yang menciptakan algoritma dan al-jabar adalah? |
|
|
A |
Avicenna |
|
B |
Ibnu Rusyd |
|
C |
Al-khawarizmi |
|
D |
Ibnu Khaldun |
|
E |
Ibnu Hajar |
44 |
Apa judul karya besar Ibnu Sinna (Avicenna) di bidang kedokteran ? |
|
|
A |
Al-Athibba |
|
B |
Qawaniin |
|
C |
AI-Qawaniin |
|
D |
Al-Qanuun |
|
E |
As-Shibah |
45 |
Masa khalifah AI Makmun (Bany Abbasyiah) telah berhasil mendirikan suatu lembaga keilmuan, yaitu...... |
|
|
A |
BaituI Lahmi |
|
B |
BaituI Ilmi |
|
C |
BaituI Hikmah. |
|
D |
BaituI Ulum |
|
E |
BaituI Ikhwan |
46 |
Zuhud terhadap keduniawian adalah bagian dari ajaran agama Islam. Yang dimaksud dengan Zuhud terhadap keduniawian adalah: |
|
|
A |
Tidak terhadap keduniawian |
|
B |
Tidak mengiginkan keduniawian |
|
C |
Tidak perduli terhadap keduniawian |
|
D |
Tidak tamak terhadap keduniawian |
|
E |
Tidak terhadap keduniawian |
47 |
Ada beberapa jenis perbuatan halal yang tercela dalam Islam, misalnya… |
|
|
A |
Meminta-minta sesuatu kepada orang lain |
|
B |
Berkali-kali menerima bantuan pihak lain |
|
C |
Menipu orang kafir karena suatu urusan penting |
|
D |
Member bantuan orang yang mampu walaupun tidak diminta |
|
E |
Meminta-minta sesuatu kepada orang lain |
48 |
Hukum shalat jum’at adalah fardu ‘ain bagi setiap muslim laki-laki yang memenuhi persyaratannya, yang di maksud fardu ‘ain adalah: |
|
|
A |
Kewajiban yang harus dilaksanakan karena sudah di depan mata |
|
B |
Kewajiban yang sekelompok kaum muslimin yang sadar akan jum’atan |
|
C |
Kewajiban individual yang harus dilaksanakan setiap orang |
|
D |
Kewajiban yang tidak boleh diabaikan dengan alasan bagaimanapun |
|
E |
Kewajiban yang harus dilaksanakan karena sudah di depan mata |
49 |
Suroh At Tin termasuk golongan suroh makkiyah kerena turunnya di Makkah yaitu: |
|
|
A |
Sesudah Nabi Muhammad SAW Hijrah |
|
B |
Sebelum Nabi Muhammad SAW Hijrah |
|
C |
Sewaktu Nabi Muhammad SAW dalam suasana perang badar |
|
D |
Pada malam Lailatul Qadar |
|
E |
Saat Nabi Muhammad berada di yasrib |
50 |
Menunaikan ibadah Umroh terlebih dahulu kemudian ibadah Haji disebut Haji…. |
|
|
A |
Haji Ifrad |
|
B |
Haji Tamattu |
|
C |
Haji Qiran |
|
D |
Haji Mabrur |
|
E |
Haji Wada’ |
|
|
|
Kunci Jawab
BalasHapus1 D
2 D
3 E
4 D
5 D
6 B
7 D
8 A
9 A
10 C
11 A
12 A
13 B
14 E
15 A
16 B
17 A
18 E
19 D
20 B
21 A
22 C
23 C
24 B
25 D
26 A
27 A
28 C
29 D
30 D
31 E
32 C
33 D
34 A
35 C
36 B
37 C
38 C
39 A
40 C
41 A
42 A
43 C
44 D
45 C
46 D
47 A
48 C
49 B
50 B